Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Statistika 1. Beberapa Istilah dalam Statistika dan Pengertiannya

a. Statistika

Statistika adalah ilmu yang mempelajari tentang cara pengumpulan, penyajian, menganalisa data dan kemudian menarik kesimpulan tentang data tersebut.

b. Statistik

Statistik adalah ringkasan data berupa sebuah nilai

Contoh:
Statistik Peminat SBMPTN

c. Datum

Datum adalah informasi yang diperoleh dari suatu pengamatan dapat berupa angka, lambang atau sifat.

d. Data

Data adalah kumpulan datum.
a) Data kuantitatif adalah data yang berupa bilangan, terdiri atas:
  1. Data cacahan (data diskrit) adalah data yang diperoleh dengan cara mencacah objek. Contoh: Data jumlah siswa di kelas.
  2. Data ukuran (data kontinu) adalah data yang diperoleh dengan cara mengukur objek. Contoh: Data berat badan siswa di kelas.
b) Data kualitatif atau atribut adalah data yang bukan merupakan bilangan. Contoh: Data kualitas dari suatu pelayanan di Kantor Camat menggunakan atribut yaitu baik, sedang, dan kurang. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, kuis, pengamatan (observasi).

e. Populasi

Populasi adalah keseluruhan pengamatan.

f. Sampel

Sampel atau contoh adalah himpunan bagian dari populasi yang benar-benar diamati.

Contoh:
Seorang peneliti ingin meneliti tinggi badan rata-rata siswa SMP Negeri di Kota Tebing Tinggi. Diperoleh informasi bahwa SMP Negeri di kota itu ada 9 yaitu SMPN 1, SMPN 2, SMPN 3, SMPN 4, SMPN 5, SMPN 6, SMPN 7, SMPN 8 dan SMPN 9. Karena keterbatasan waktu dan biaya, maka data tinggi badan siswa yang benar-benar diukur adalah tinggi badan siswa SMPN 1 dan SMPN 5. Dari informasi di atas, maka:
Populasi yaitu seluruh siswa SMP Negeri di Kota Tebing Tinggi.
Sampel yaitu siswa SMPN 1 Tebing Tinggi dan SMPN 5 Negeri 5 Tebing Tinggi.
Semoga postingan: Statistika 1. Beberapa Istilah dalam Statistika dan Pengertiannya ini bisa bermanfaat. Mohon keikhlasan hatinya, membagikan postingan ini di media sosial bapak/ibu guru dan adik-adik sekalian. Terima kasih.

Post a Comment for "Statistika 1. Beberapa Istilah dalam Statistika dan Pengertiannya"