Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Soal dan Pembahasan Matematika IPA UN SMA 2018

Soal dan Pembahasan Matematika IPA UN SMA 2018
Ujian Nasional Tahun Ajaran 2018/2019 telah selesai dilaksanakan pada tanggal (09 April 2018 s/d 12 April 2018), dan bidang studi matematika untuk program IPA diujikan pada hari kedua (10 April 2018). Setelah ujian selesai banyak komentar yang terdengar yang menyatakan bahwa soal Ujian Nasional Tahun Ajaran 2018/2019 lebih sulit dibandingkan dengan soal-soal Ujian Nasional sebelumnya.
Dan saya selaku guru matematika melihat dan memandang Soal UAN SMA 2018 bidang studi Matematika IPA, memang ada peningkatan kesulitan soal, namun menurut saya hal ini bukan menjadi sesuatu yang perlu dikhawatirkan, sebab tidak semuanya (40 soal) itu sulit, secara keseluruhan komposisi soal masih mengandung kategori mudah, sedang, dan sulit.
Baca juga: Download Soal UNBK/UNKP SMA Tahun 2018 Semua Mata Pelajaran.
Nah dikategori soal sulit inilah diterapkan soal HOTS yaitu singkatan dari High Order Thinking Skills dan diharapkan akan tertanam karakter berpikir kritis, kreatif dan inovatif, komunikatif, dan percaya diri. Baca: Apa itu Soal HOTS?

Perdebatan tentang "sulit atau tidaknya" kita sudahi saja, sebab jika diteruskan ini tidak akan berakhir, yang terpenting saat ini bagaimana kita harus mengenali potensi diri dan menggali kemampuan diri sehingga ke depan menjadi lebih baik dan lebih mampu. Untuk menghilangkan rasa penasaran akan "sulit"nya soal Ujian Nasional tahun 2018, maka saya share:

  1. Soal Matematika IPA UN SMA Tahun 2018 (soal saja) download DISINI
  2. Pembahasan Matematika IPA UN SMA Tahun 2018, nih tampilannya dan link downloadnya ada di bagian bawah. 



Silahkan dipelajari semoga adik-adik siap dan matang menghadapi UN/UAN Matematika SMA Tahun 2019, dan jadikanlah ini sebagai Soal Latihan UNBK/UNKP SMA 2019USBN Matematika SMA 2018
#Berbagi_Itu_Indah
Semoga postingan: Soal dan Pembahasan Matematika IPA UN SMA 2018 ini bisa bermanfaat. Mohon keikhlasan hatinya, membagikan postingan ini di media sosial bapak/ibu guru dan adik-adik sekalian. Terima kasih.

5 comments for "Soal dan Pembahasan Matematika IPA UN SMA 2018"

  1. Terima kasih pak sudah membagikan soal UN SMA 2018 :)

    ReplyDelete
  2. koreksi untuk bapak sang penulis dari aku di Karawang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan mas....! Apa kira2 sarannya buat saya? Terima kasih.

      Delete
  3. terima kasih semoga bermanfaat dan terus bertambah ilmunyaaaa...serta sehat wal afiat selaluuuuuu...

    ReplyDelete
  4. terimakasih banyak semoga sehat selalu dan sukses...

    ReplyDelete

Pertanyaan melalui kolom komentar akan direspon secepatnya. Jika tidak direspon, berarti pertanyaan serupa telah ada.