Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Buku Soal dan Solusi Olimpiade Matematika SMA Tahun 2002-2009

Buku Soal dan Solusi Olimpiade Matematika Indonesia
Olimpiade Sains Nasional (OSN) adalah salah satu event yang diselenggarakan setiap tahun oleh Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Salah satu bidang studi yang dilombakan adalah matematika. Dan sebagai guru atau siswa kita diharapkan untuk mempersiapkan diri untuk menghadapi ajang bergengsi yang satu ini. Catatanmatematika.com dalam hal ini berbagi file berupa buku Kumpulan Soal dan Solusi Olimpiade Matematika Indonesia yaitu OSK (Olimpiade Sains Tingkat Kabupaten/Kota), OSP (Olimpiade Sains Tingkat Provinsi), Olimpiade Sains Tingkat Nasional (OSN) untuk jenjang SMA/SMK. Ebook ini berisi Pembahasan Olimpiade Matematika SMA Tahun 2002, 2003, 2004, 2005, 2006, 2007, 2008, dan 2009.

Catatanmatematika.com melalui kesempatan ini mengucapkan terima kasih kepada Bapak Eddy Hermanto, ST selaku penulis buku ini. Buku ini sangat bermanfaat bagi saya dalam melatih dan membina anak didik saya sebelum mengikuti olimpiade sains. Mengingat buku ini sangat bermanfaat, maka saya menyimpan dan mempostingnya di blog saya ini serta membagikannya kepada Bapak/Ibu guru, adik-adik sekalian.

Semoga postingan: Buku Soal dan Solusi Olimpiade Matematika SMA Tahun 2002-2009 ini bisa bermanfaat. Mohon keikhlasan hatinya, membagikan postingan ini di media sosial bapak/ibu guru dan adik-adik sekalian. Terima kasih.

Dapatkan Update terbaru, subscribe channel kami:
Channel Youtube b4ngrp
Fanspage FB Catatan Matematika
Channel Telegram Catatan Matematika

2 comments for "Buku Soal dan Solusi Olimpiade Matematika SMA Tahun 2002-2009"

  1. Pembahasan nomor 16 OSK 2002 ada yang salah. Ini saya bantu perbaiki:
    ∆APB sebangun dengan ∆CPD
    Misalkan bahwa P ke garis CD dinamakan PQ
    Maka, EP/PQ=AB/CD→EP/PQ=4/12→4PQ=12EP→PQ=3EP
    EP+PQ=4→EP+3EP=4→4EP=4→EP=1
    Substitusi: PQ=3EP=3×1=3 satuan
    ∴ Jarak P ke garis CD adalah 3 satuan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih. Ke depan saya akan coba posting langsung di blog ini. Agar memudahkan untuk diskusi langsung, tanpa harus buka file.

      Delete

Pertanyaan melalui kolom komentar akan direspon secepatnya. Jika tidak direspon, berarti pertanyaan serupa telah ada.

close