Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menentukan Besar Sudut Yang Dibentuk Jarum Jam

Menentukan Besar Sudut yang dibentuk Jarum Jam
Hai, salam hebat dari saya melalui www.catatanmatematika.com
Jam adalah alat untuk menunjukkan waktu, masa. Jam ada beberapa macam yaitu jam dinding, jam tangan, dan lain-lain. Pada umumnya jam berbentuk lingkaran. Adapun pada jam terdapat bilangan-bilangan dari bilangan 1 sampai dengan bilangan 12. Pada jam terdapat tiga jarum yaitu jarum detik, jarum menit (jarum panjang), dan jarum jam (jarum pendek) yang menunjukkan jam.
Hari ini hal yang akan kita bahas adalah menghitung besar sudut yang dibentuk oleh jarum jam (jarum pendek) dan jarum menit (jarum panjang).
Adapun hubungan kedua jarum jam dengan sudut adalah sebagai berikut: (hal ini berbeda dengan satuan waktu yang diubah ke satuan derajat, ya.....)
Jarum Pendek
Jarum jam pendek jika berputar satu putaran penuh berarti jarum pendek bergerak selama 12 jam dan 1 putaran = $360^o$, maka diperoleh hubungan:
12 jam = $360^o$
1 jam = $\frac{360^o}{12}$
1 jam = $30^o$
Artinya, jika jarum pendek bergerak 1 jam maka sudut yang dibentuk antara tempat awal dan akhir jarum jam sebesar $30^o$. Perlu diingat bahwa 1 jam = 60 menit.
Jarum Panjang
Jarum panjang jika berputar satu putaran penuh berarti jarum panjang bergerak selama 60 menit dan 1 putaran = $360^o$ maka diperoleh hubungan:
60 menit = $360^o$
1 menit = $\frac{360^o}{60}$
1 menit = $6^o$
Artinya, jika jarum panjang bergerak 1 menit maka sudut yang dibentuk antara tempat awal dan akhir jarum jam sebesar $6^o$.

Contoh:
Tentukan besar sudut terkecil yang dibentuk jarum jam panjang dan jarum jam pendek pada pukul 14.30.
Pembahasan:
Jarum jam pendek:
14.30 = 02.30
= 2 jam + 30 menit
= 2 x $30^o$ + $\frac{30}{60}$ x $30^o$
= $60^o$ + $15^o$
= $75^o$
Jarum jam panjang
30 menit = 30 x $6^o$
= $180^o$
Jadi, sudut terkecil yang dibentuk kedua jarum jam = $180^o - 75^o$ = $105^o$.
Catatan:
sudut yang dibentuk oleh kedua jarum adalah selisih sudut antara jarum pendek dengan jarum panjang atau sebaliknya. atau sederhananya seperti ini:
Sudut yang terbentuk = Sudut yang paling besar - Sudut yang paling kecil.

Untuk lebih jelasnya silahkan menonton videonya berikut:
Semoga postingan: Cara Menentukan Besar Sudut Yang Dibentuk Jarum Jam ini bisa bermanfaat. Mohon keikhlasan hatinya, membagikan postingan ini di media sosial bapak/ibu guru dan adik-adik sekalian. Terima kasih.

Post a Comment for "Cara Menentukan Besar Sudut Yang Dibentuk Jarum Jam"