Pernyataan Majemuk (Logika Matematika)

Pernyataan majemuk adalah pernyataan yang terdiri atas beberapa pernyataan. Berikut ini saya meringkas pernyataan majemuk pada logika matematika. Adapun pernyatan majemuk yang akan dibahas adalah sebagai berikut:

Pernyataan Majemuk-Logika Matematika

1. KONJUNGSI
Konjungsi merupakan pernyataan majemuk dengan kata penghubung "dan". Simbol konjungsi "∧". "p ∧ q" dibaca "p dan q". Nilai kebenaran "suatu konjungsi akan bernilai benar, hanya apabila kedua pernyataan bernilai benar". Sederhananya, "Benar dan Benar hasilnya Benar, selebihnya Salah".
Tabel Nilai Kebenaran Konjungsi
Tabel Nilai Kebenaran Konjungsi

2. DISJUNGSI
Disjungsi merupakan pernyataan majemuk dengan kata penghubung "atau". Simbol disjungsi "∨". "p ∨ q" dibaca "p atau q". Nilai kebenaran: "Suatu disjungsi bernilai salah jika kedua pernyataan bernilai salah". Sederhananya, "Salah atau Salah hasilnya Salah, lain dari itu benar".

Tabel Nilai Kebenaran Disjungsi
Tabel Nilai Kebenaran Disjungsi

3. IMPLIKASI
Implikasi merupakan pernyataan majemuk dengan kata penghubung "jika ... maka ...". Simbol disjungsi "→". "p → q" dibaca "jika p maka q". Nilai kebenaran: "Suatu implikasi bernilai salah jika pernyataan pertama bernilai benar dan pernyataan kedua bernilai salah". Sederhananya, "Jika Benar maka Salah hasilnya Salah, lain dari itu Benar".

Tabel Nilai Kebenaran Implikasi
Tabel Nilai Kebenaran Implikasi

4. BIIMPLIKASI
Biimplikasi merupakan pernyataan majemuk dengan kata penghubung "... jika dan hanya jika ...". Simbol biimplikasi "↔". "p ↔ q" dibaca "p jika dan hanya jika q". Nilai kebenaran: "Suatu biimplikasi bernilai benar jika kedua pernyataan bernilai sama".

Tabel Nilai Kebenaran Biimplikasi
Tabel Nilai Kebenaran Biimplikasi

Silahkan Share Buat Anak Bangsa

Contact Form

Name

Email *

Message *