Pernyataan Majemuk (Logika Matematika)

Posted by Reikson Panjaitan on Sunday, 3 December 2017

Pernyataan majemuk adalah pernyataan yang terdiri atas beberapa pernyataan. Berikut ini saya meringkas pernyataan majemuk pada logika matematika. Adapun pernyatan majemuk yang akan dibahas adalah sebagai berikut:

Pernyataan Majemuk-Logika Matematika

1. KONJUNGSI
Konjungsi merupakan pernyataan majemuk dengan kata penghubung "dan". Simbol konjungsi "∧". "p ∧ q" dibaca "p dan q". Nilai kebenaran "suatu konjungsi akan bernilai benar, hanya apabila kedua pernyataan bernilai benar". Sederhananya, "Benar dan Benar hasilnya Benar, selebihnya Salah".

Tabel Nilai Kebenaran Konjungsi
p q p ∧ q
B B B
B S S
S B S
S S S

2. DISJUNGSI
Disjungsi merupakan pernyataan majemuk dengan kata penghubung "atau". Simbol disjungsi "∨". "p ∨ q" dibaca "p atau q". Nilai kebenaran: "Suatu disjungsi bernilai salah jika kedua pernyataan bernilai salah". Sederhananya, "Salah atau Salah hasilnya Salah, lain dari itu benar".

Tabel Nilai Kebenaran Disjungsi
p q p ∨ q
B B B
B S B
S B B
S S S


3. IMPLIKASI
Implikasi merupakan pernyataan majemuk dengan kata penghubung "jika ... maka ...". Simbol disjungsi "→". "p → q" dibaca "jika p maka q". Nilai kebenaran: "Suatu implikasi bernilai salah jika pernyataan pertama bernilai benar dan pernyataan kedua bernilai salah". Sederhananya, "Jika Benar maka Salah hasilnya Salah, lain dari itu Benar".

Tabel Nilai Kebenaran Implikasi
p q p → q
B B B
B S S
S B B
S S B


4. BIIMPLIKASI
Biimplikasi merupakan pernyataan majemuk dengan kata penghubung "... jika dan hanya jika ...". Simbol biimplikasi "↔". "p ↔ q" dibaca "p jika dan hanya jika q". Nilai kebenaran: "Suatu biimplikasi bernilai benar jika kedua pernyataan bernilai sama".

Tabel Nilai Kebenaran Biimplikasi
p q p ↔ q
B B B
B S S
S B S
S S B

Previous
« Prev Post

Related Posts

December 03, 2017

0 komentar:

Post a Comment

Terimakasih atas komentar dan kunjugannya.!