Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jawabannya Ada di Koran

Jawabannya Ada di Koran

Dalam sebuah kelas seorang guru matematika mencoba membagi kelas menjadi dua kelompok. Kelompok pertama adalah kelompok anak2 yg terbilang cerdas dan sering mendapatkan nilai tinggi di setiap ulangan. Kelompok kedua adalah anak2 yg sering mendapat nilai kurang dalam ulangan.

Sang guru ingin mencoba dan mengamati kemampuan para siswanya, kali ini ia memberi tugas kepada para muridnya untuk menghitung tinggi sebuah gedung bertingkat. Segera setelah mendapat tugas tersebut siswa dari kelompok pertama langsung membagi tugas, ada yang mendapat tugas membawa kertas dll, dan mereka segera meminjam alat klinometer kepada sang guru. Guru pun tersenyum bangga dengan kecekatan mereka, memang pantas mendapatkan nilai tinggi anak2 ini begitu pikir sang guru.

Lain halnya dengan kelompok kedua mereka justru sibuk ber”hom-pim-pah” . Melihat itu si guru menegur mereka “Kalian ngapain, bukannya berpikir untuk menyelesaikan tugas malah main-main”. Anak2 dari kelompok dua pun menjawab “Ini kami juga sedang berusaha menyelesaikan tugas itu pak”. Salah satu dari mereka pun menjelaskan bahwa setelah mereka berunding mereka memutuskan untuk memilih salah satu dari kelompok sebagai kelinci percobaan. Mendengar itu si guru pun duduk dan mendengarkan kembali penjelasan mereka sambil bertanya “lha gimana kalian menemukan jawabannya?”. Anak tadi yg mungkin telah ditunjuk oleh teman2 sebagai ketua kembali menjelaskan “Jawabannya nanti akan ada di koran terbitan besok pak”. Dengan antusias si guru terus mendengarkan penjelasannya karna tertarik dengan metode mereka. “Gimana maksudnya?” ia terus mendesak. Si ketua tadi mengatakan “Kami memilih salah satu dari kami melalui hom-pim-pah tadi untuk menjatuhkan diri dari atas gedung itu, dengan demikian pasti beritanya akan muncul di koran dan di koran itu pasti akan disebutkan berapa ketinggian gedung tersebut dan kami pun bisa mengetahui jawaban dari tugas bapak”.

Sang guru yang mendengarkan penjelasan itu pun manggut2 sambil berkata “Ngga nyangka ya ternyata kalian cerdas”.

Semoga postingan: Jawabannya Ada di Koran ini bisa bermanfaat. Mohon keikhlasan hatinya, membagikan postingan ini di media sosial bapak/ibu guru dan adik-adik sekalian. Terima kasih.

Post a Comment for "Jawabannya Ada di Koran"