Guru Idaman Siswa - CATATAN MATEMATIKA

Guru Idaman Siswa

Posted by Reikson Panjaitan on Tuesday, 15 August 2017


Kriteria Guru Idaman Siswa
Berikut ini 10 syarat menjadi guru idaman siswa (By: Muhammad Tohir)
  1. Guru yang menguasai materi pelajaran. Mempersiapkan materi sebelum pembelajaran merupakan kewajiban mutlak yang harus dilakukan oleh seorang guru. Adanya persiapan yang matang akan mempengaruhi keberhasilan belajar.
  2. Dalam mengajar selalu menggunakan strategi pembelajaran aktif, inovatif, kreatif dan menyenangkan (PAIKEM). Setiap materi memiliki cara penyampaian yang beragam. Guru jangan hanya terpaku dengan satu metode aja. Misalnya hanya ceramah. Juga gunakan metode yang menyenangkan, yaitu yang membuat siswa aktif dan melakukan sendiri. Misalkan dengan menggunakan metode eksperimen/praktikum, dengan pengamatan langsung/ pembelajaran alam sekitar, dengan metode cerdas cermat, dengan pembelajaran yang memakai alat bantu "audio-visual", dengan metode permainan atau game, dan lain-lain.
  3. Guru yang mampu memberikan motivasi belajar pada muridnya. Pemberian dorongan untuk siswa dapat dilakukan pada saat pada saat penyampaian tujuan pembelajaran atau pada saat pertengahan pembelajaran atau di akhirpelajaran. Disaat itulah perlu disampaikan untuk apa dia mempelajari itu, dan apa kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari. Agar siswa dapat memahami mamfaat langsung dari mempelajari materi tersebut. Apabila pada saat proses pembelajaran anak mengalami kelelahan dan kebosanan, ciptakanlah suasana menyenangkan.
  4. Guru yang mampu menciptakan kondisi belajar mengajar yang kondusif. Proses belajar mengajar akan kondusif, jika guru sudah menguasai materi pelajaran dan pastilah dalam menyampaikan materi tersebut dengan enak dan mudah dipahami oleh siswa serta guru tersebut akan dapat memberikan penilaian yang objektif. 
  5. Guru yang humoris. Menjadi guru yang humoris merupakan salaah satu syarat agar pembelajaran tidak membosankan. Karena pada pelajaran tertentu terkadang membutuhkan konsentrasi yang serius, disaat masalah terpecahkan perlu diselingi dengan cerita-cerita humor yang dapat mencairkan suasana. 
  6. Menyelingi pembelajaran dengan game. Memberikan permainan atau game kepada siswa pada saat pembelajaran sangatlah dibutuhkan agar pembelajaran seperti bermain. Game disini digunakan untuk mengenalkan kepada siswa bahwa belajar matematika itu asik, kreatif, dan menyenangkan.
  7. Guru yang menjaga wibawa. Guru yang berwibawa akan tercermin dari tingkahlakunya atau sikapnya di dalam kelas atau di luar kelas.
  8. Guru yang mampu menjadi contoh atau suri tauladan. Menjadi contoh atau suri tauladan merupakan yang pertama dan utama sebagai seotang guru. Katanya orang Jawa, guru itu digugu dan ditiru.
  9. Guru yang selalu berpenampilan menarik dan murah senyum serta sabar. Menjaga penampilan yang menarik bagi seorang guru merupakan suatu keharusan, karena kalau seorang guru berpenampilan menarik dan rapi akan membuat siswa merasa betah dengan guru. Apalagi kalau guru tersebut ditambah dengan murah senyum yang tulus kepada siswa, maka para siswa akan menyukai guru tersebut.
  10. Guru yang Up To date. Guru yang up to date dapat berkembang lebih cepat dari yang lain, karena guru yang mengajar dengan memiliki wawasan yang luas dan menggunakan cara-cara singkat dalam pemecahan masalah. Hal ini bisa diperoleh jika seorang guru terus mencari informasi-informasi terbaru. Misalnya, kemampuan analisis seorang guru dapat berkembang jika selalu berusaha memecahkan soal-soal yang sifanya menalar.

Previous
« Prev Post

Baca Juga Artikel Berikut:

August 15, 2017

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya!