Tips Sukses Wawancara - CATATAN MATEMATIKA
Latest Post
Loading...

Tips Sukses Wawancara

Tips Sukses Wawancara Saat Seleksi
Berikut TIPS menjawab wawancara dalam mengikuti seleksi! Wawancara merupakan salah satu bagian dari seleksi, dan pada tahap wawancara banyak juga yang gugur (tidak lulus seleksi). Pembahasan topik ini memang diluar matematika, tetapi saya ingin membahas ini sebagai sebuah catatan penting buat adik-adik yang mungkin dalam waktu dekat akan mengikuti beberapa seleksi yaitu seleksi Perguruan Tinggi Kedinasan (STIS, STAN, dan lain-lain). Wawancara umumnya merupakan tahap akhir sebuah seleksi, tahap penentuan lulus atau tidak lulus.

Terkadang saat wawancara ada beberapa pertanyaan yang "seolah" tidak penting atau ngejengkelin, seperti:
  1. Berapa jumlah jendela rumahmu? 
  2. Siapakah mantanmu?
  3. Berapa nomor HP orangtuamu?
Pertanyaan itu mungkin ngaur... tapi jawaban yang kita berikan jangan ngaur. Pertanyaan pertama, kita bisa jawab berapa saja (sebab si penanya tidak pernah kerumahmu, kan), tapi ingat harus masuk akal juga ya...! Jangan kamu jawab 20, hehehe...! Usahakan jawaban kamu tidak singkat. Maksudnya begini, jika kamu jawab ada 4 jendela rumahmu, sembari katakan aja 2 di depan dan 2 di samping. Pertanyaan kedua, kamu jawab aja dengan jujur, sebab kejujuran merupakan poin plus. Pertanyaan ketiga, ini membutuhkan ingatan, untuk itu hal-hal yang berkaitan dengan diri kamu harus kamu kenali dan ingat.

Berikut ini 10 pertanyaan yang cukup sering dilontarkan saat wawancara:
  1. Apa motivasi anda mengikuti seleksi ini?
  2. Mengapa tidak mengikuti seleksi yang lain?
  3. Seandainya anda diberi tugas yang tidak anda harapkan, apa yang akan anda lakukan?
  4. Apa yang anda ketahui tentang seleksi ini? Dan dari mana anda mengetahuinya?
  5. Ceritakan tentang pendidikan (cara belajar) dan pelatihan yang pernah anda ikuti?
  6. Menurut anda apa itu kesuksesan dan kegagalan? Seberapa besar pengaruhnya bagi anda.
  7. Apakah kriteria sukses menurut anda?
  8. Bagaimana anda menyelesaikan masalah?
  9. Sebutkan prestasi apa yang pernah anda capai?
  10. Bisakah anda sebutkan 5 kelebihan dan kelemahan anda?
Itulah beberapa tips yang bisa saya berikan. Untuk tips-tips yang lain bisalah anda cari dari sumber-sumber lain. Oh iya, berlatih komunikasi yang baik di depan cermin juga boleh kalian lakukan. Agar saat interview kamu tidak gugup, bisa tenang menjawab semua pertanyaan-pertanyaan penguji. Satu hal lagi, teman-teman jangan lupa berdoa sebelum interview, agar diberi kemudahan dan berlah oleh Allah Yang Mahakuasa. #Berbagi-Itu-Indah.

Bagikan ke:

0 Response to "Tips Sukses Wawancara"

Post a Comment

Pertanyaan melalui kolom komentar akan direspon secepatnya. Jika tidak direspon, berarti pertanyaan serupa telah ada. Mohon share postingan ini kepada yang lain. Terima kasih.

Contact Form

Name

Email *

Message *