Perpendek Garis Ini

Posted by Reikson Panjaitan on Wednesday, 9 August 2017

Berikut ini adalah suatu ilustrasi yang sangat bermanfaat bagi kita semua dalam memahami arti "menjadi yang terbaik".

Seorang Guru melukis sebuah garis sepanjang 15 cm di atas papan tulis, kemudian berkata: "Anak-anak. Coba perpendek garis ini!" Anak pertama maju ke depan, dia menghapus 3 cm dari garis itu, dan sekarang menjadi 12 cm.

Pak Guru mempersilakan anak kedua. Diapun melakukan hal yang sama yaitu menghapus 3 cm, 'sekarang' garisnya tinggal 9 cm. Anak ketiga dan keempat pun maju ke depan, sekarang garis itu sisa 3 cm.

Terakhir, anak yang bijak maju ke depan. Dia membuat garis yang lebih panjang, sejajar dengan garis pertama, yang sisa 3 cm itu.

Sang Guru menepuk bahunya, "Kau memang bijak. Untuk membuat garis itu menjadi pendek, tidak perlu menghapusnya, cukup membuat garis yang lebih panjang. Garis pertama akan menjadi lebih pendek dengan sendirinya."

Untuk memenangkan sesuatu, tidak perlu mengecilkan yang lain, tidak usah menjelekkan yang lain, karena secara tidak langsung, membicarakan kejelekan yang lain adalah cara tidak jujur untuk memuji diri sendiri. Untuk menjadi yang terbaik tidak perlu mengalahkan orang lain. Cukup lakukan kebaikan terbaik yang dapat kita lakukan untuk semuanya. Biarkan waktu akan membuktikan kebaikan tersebut.

Previous
« Prev Post

Baca Juga Artikel Berikut:

August 09, 2017

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya!