Soal dan Kunci Jawaban MSC USU

Posted by Reikson Panjaitan on Tuesday, 1 May 2018

Mathematics Science Competition USU
Mathematics Science Competition (MSC) USU adalah salah satu lomba olimpiade matematika di Provinsi Sumatera Utara. Lomba olimpiade matematika ini untuk tingkat SMP dan SMA sederajat, dan ajang ini diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Matematika Universitas Sumatera Utara serta bekerjasama dengan Departemen Matematika FMIPA USU. Event bergengsi ini selalu diadakan setiap tahun. Peserta yang mengikuti olimpiade ini berasal dari berbagai sekolah di penjuru provinsi Sumatera Utara.

Materi Olimpiade Matematika Tingkat SMP
Adapun materi pokok yang dilombakan pada olimpiade untuk tingkat SMP adalah sebagai berikut:
  1. Bilangan terdiri dari: a) Operasi bilangan bulat dan sifat-sifatnya; b) Sifat-sifat bilangan berpangkat.
  2. Aljabar terdiri dari: a) Pengertian, notasi dan himpunan; b) Relasi dan fungsi; c) Perbandingan senilai dan berbalik nilai; d) Operasi aljabar melibatkan bilangan rasional, bilangan berpangkat, bilangan berbentuk akar; e) Persamaan dan pertidaksamaan; f) Sistem persamaan linear dua peubah; g) Barisan dan deret.
  3. Geometri terdiri dari: a) Garis dan sudut; b) Bangun datar; c) Teorema phythagoras; d) Transformasi; e) Bangun ruang.
  4. Statistika dan peluang
  5. Kapita Selekta yaitu pemecahan masalah kontekstual berkaitan dengan bilangan, aljabar, geometri, statistika dan peluang.
Materi Olimpiade Matematika Tingkat SMA
Berikut materi pokok yang dilombakan untuk jenjang SMA!
  1. Aljabar terdiri dari: a) Sistem bilangan real; b) Ketidaksamaan; c) Nilai mutlak; d) Suku banyak (polinom); e) Fungsi; f) Sistem koordinat bidang; g) Barisan dan deret; h) Persamaan dan sistem persamaan.
  2. Geometri terdiri dari: a) Hubungan antara garis dan titik; b) Hubungan antara garis dan garis; c) Bangun datar; d) Kesebangunan dan kekongruenan; e) Sifat-sifat segitiga (garis bagi, garis berat, garis tinggi, garis sumbu); f) Dalil menelaus; g) Dalil de ceva; h) Dalil stewart; i) Relasi lingkaran dengan titik; j) Relasi lingkaran dengan garis; k) Relasi lingkaran dengan segitiga; l) Relasi lingkaran dengan segiempat; m) Relasi lingkaran dengan lingkaran; n) Trigonometri. 
  3. Kombinatorika terdiri dari: a) Prinsip pencacahan; b) Prinsip rumah merpati (pigieonhole principle, prinsip dirichlet; c) Prinsip paritas.
  4. Teori bilangan terdiri dari: a) Sistem bilangan bulat; b) Keterbagian; c) FPB dan KPK; d) Bilangan prima; e) Fungsi tangga; f) Teorema dasar aritmetika; g) Persamaan dan sistem persamaan bilangan bulat.
Soal dan Kunci Jawaban MSC USU
Berikut ini soal dan kunci jawaban Mathematics Science Competition (MSC) USU.

Previous
« Prev Post

Baca Juga Artikel Berikut:

May 01, 2018

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya!